Kompetensi karyawan untuk berkomunikasi efektif dengan pelanggan adalah
cukup penting sehingga keinginan dan kebutuhan-nya dapat terpenuhi dengan baik.
Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan lancar dan
berhasil begitu juga sebaliknya kekurangan atau tidak adanya komunikasi dapat
membuat kemacetan atau berantakan. Oleh karena itu karyawan dalam organi-sasi
perlu memahami dan menyempurnakan komunikasi mereka sehingga akan mempunyai
pengaruh yang positif terhadap kinerja-nya.
Kerjasama kelompok merupakan sebuah group yang terdiri dari atas kelompok
orang untuk berkumpul untuk menggabungkan kemampuan dan ketrampilan mereka dan
bersama-sama untuk mencapai tujuan. Keeratan hubungan team sekerja sangat besar
arti-nya untuk rangkaian pekerjaan yang memerlukan kerjasama team yang tinggi.
Tingkat keeratan hubungan mempunyai pengaruh terhadap mutu dan intensitas
interaksi yang terjadi dalam suatu kelompok. Hubungan kerja sama di antara para
karyawan dalam melakukan pekerjaan baik secara individu maupun kelompok untuk
mencapai tujuan bersama mempunyai dampak positif terhadap kinerja individu
maupun organisasi dalam mencapai tujuan.
Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain untuk
bekerja secara baik, bersedia bekerjasama dan mempunyai disiplin kerja yang
tinggi. Kepemimpinan yang efektif sangat penting untuk kelangsungan hidup dan
keberhasilan per-usahaan. Pemimpin harus mampu menumbuhkan, memelihara, dan
mengembangkan usaha yang kooperatif dalam kehidupan organisasi. Selain itu
pemimpin dapat memberikan rangsangan agar karyawan menyukai pekerjaanya dan bisa
menumbuhkan atau mendorong kinerja karyawan.
Pengambilan keputusan secara analitis dapat dilakukan efektif dan efisien
dengan menggunakan langkah-langkah yang baik sesuai dengan hasil audit yang
berupa informasi atau data bagi manajemen untuk mengambil keputusan atau
permasalahan yang ada. Keter-lambatan dan kecerobohan dalam pengambilan
keputusan yang tidak tepat akan menyebabkan terganggunya kinerja individu dan
organi-sasi. Peranan sumber daya manusia dalam organisasi perusahaan sangat
menentukan arah kehidupan perusahaan. Manusia sebagai individu mempunyai
perilaku (behavior) dan sikap (attitude) yang berbeda satu dengan yang
lain.
Perilaku dapat mempengaruhi kinerja organisasi. Penentuan tingkat
kompetensi dibutuhkan untuk merefleksikan efisiensi dan efektifitas kinerja
karyawan. Kecenderungan organisasi mengguna-kan beberapa kompetensi seperti,
komunikasi, kerjasama kelompok, kepemimpinan, dan pemutusan keputusan secara
analitis dalam pekerjaan sebagai refleksi efisiensi dan efektifitas individu
dalam menggunakan knowledge dan skill. Sejumlah kompetensi dapat
dianggap menentukan kesuksesan seorang karyawan. Pendekatan kompetensi sedikit
visibel dan dapat dikontrol dan diarahkan secara luas dengan perilaku. Penentuan tingkat kompetensi dibutuhkan untuk mengetahui efektifitas
tingkat kinerja yang diharapkan. Prediksi siapa yang berkinerja baik dan kurang
baik dapat diukur dari kriteria atau standar yang digunakan (tolok ukur
penilaian kinerja).
Penentuan ambang kompetensi yang dibutuhkan tentunya dapat dijadikan dasar
proses seleksi, perencanaan, evaluasi kinerja karyawan dan pengembangan sumber
daya manusia. Mengacu pada pengertian kompetensi yang terdiri atas kemampuan
teknis, keterampilan dalam menganalisa dan mengambil keputusan, ke-mampuan
berkomunikasi, kemampuan bekerja mandiri dan ke-lompok sampai pada aspek
kepemimpinan dan manajerial, maka melalui suatu kompetensi tertentu seorang
karyawan akan bekerja secara baik dan berkualitas dalam bidangnya.
Berdasarkan
uraian di atas dapat disimpulkan kompetensi sum-ber daya manusia dapat
digunakan untuk mengarahkan karak-teristik individu dalam menyeleksi pekerjaan
yang diembannya.Kompetensi komunikasi, kerjasama kelompok, kepemimpinan dan
pengambilan keputusan secara analitis merupakan faktor yang penting untuk
meningkatkan kinerja karyawan. Karyawan sebagai ujung tombak dan implementasi
program kerja dari top manajemen perlu mempunyai kompetensi tersebut untuk
menunjang keber-hasilan pekerjaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar