SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah
MEDIA PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu:
Muhsin, S.Pd.I, M.Si
PROGRAM STUDI PGMI
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
BANDUNG
2014
PERTEMUAN KE 1
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Membahas
silabus perkuliahan
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV dapat memahami tentang silabus perkuliahan dan mengakomodasi
masukan dari mahasiswa tentang berbagai hal untuk memperlancar proses
perkuliahan serta mengetahui dan memahami berbagai hal tentang media
pembelajaran PGMI untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di lembaga
pendidikan.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu beradaptasi dengan perkuliahan dalam mata kuliah media
pembelajaran, dapat memahami silabinya, aturan main dalam mengikuti perkuliahan
dan sistem evaluasinya.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Deskripsi
mata kuliah media pembelajaran
2.
Ruang
lingkup
3.
Kebijakan
pelaksanaan perkuliahan
4.
Kebijakan
penilaian hasil belajar
5.
Tugas
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian dan
diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
-
UTS
-
UAS
-
Produk media
pembelajaran
3.
Penugasan
Menelusuri
dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub
judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.
PERTEMUAN KE 2
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Kompetensi dasar tentang media pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV dapat memahami tentang kompetensi dasar tentang media
pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memahami pengertian, tujuan, fungsi dan kegunaan, serta
sejarah perkembangan media pembelajaran.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Pengertian
media pembelajaran
2.
Tujuan media
pembelajaran
3.
Fungsi dan
kegunaan media pembelajaran
4.
Sejarah
perkembangan media pembelajaran
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode :
Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Menelusuri
dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub
judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.
PERTEMUAN KE 3
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Kompetensi dasar tentang media pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV dapat memahami tentang kompetensi dasar tentang media
pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memahami latar belakang penggunaan, dasar/landasan
penggunaan dan urgensi media pembelajaran.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Latar
belakang penggunaan media pembelajaran
2.
Dasar / landasan
penggunaan media pembelajaran
3.
Urgensi
media pembelajaran
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Menelusuri
dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub
judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.
PERTEMUAN KE 4
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Jenis-jenis
karakteristik media pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV Memiliki wawasan luas tentang jenis-jenis
karakteristik media pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memahami klasifikasi media pembelajaran, dan macam-macam
media pembelajaran.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Klasifikasi
media pembelajaran
2.
Macam-macam
media pembelajaran
3.
Karakteristik
media pembelajaran
4.
Kelemahan
dan kelebihan media pembelajaran
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Menelusuri
dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub
judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.
PERTEMUAN KE 5
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Ketepatan
memilih media dalam pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memilih media dalam pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memahami: prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran, dasar
pertimbangan dan kriteria pemilihan media, syarat-sarat media pembelajaran, dan
kriteria pemilihan media pembelajaran menggali beberapa informasi tentang
pemilihan media dengan mengkaji beberapa literatur.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran
2.
Dasar pertimbangan dan kriteria pemilihan media
3.
Syarat-sarat media pembelajaran
4.
Kriteria pemilihan media pembelajaran; menggali
beberapa informasi tentang pemilihan media dengan mengkaji beberapa literatur.
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Menelusuri
dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub
judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.
PERTEMUAN KE 6
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Sumber belajar
sebagai komponen media pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memahami konsep umum sumber belajar sebagai
komponen media pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu mengklasifikasi
macam-macam sumber belajar, dan menjelaskan fungsi / peranan sumber belajar.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Klasifikasi macam-macam sumber belajar
2.
Fungsi /peranan sumber belajar
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Menelusuri
dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub
judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.
PERTEMUAN KE 7
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Sumber belajar
sebagai komponen media pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memahami konsep umum sumber belajar sebagai
komponen media pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu mengkritisi kriteria pemilihan sumber belajar meliputi: a. Defenisi sumber belajar, b.
Klasifikasi sumber belajar, c.
Komponen sumber belajar, d. Fungsi dan peranan sumber
belajar, dan e. Kriteria pemilihan sumber belajar
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
Kriteria
pemilihan sumber belajar
1.
Defenisi sumber belajar
2.
Klasifikasi sumber belajar
3.
Komponen sumber belajar
4.
Fungsi dan peranan sumber belajar
5.
Kriteria pemilihan sumber belajar
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Mendiskusikan beberapa sumber belajar, dari pengalaman
dan informasi.
Pertemuan ke
8
Ujian Tengah Semester
PERTEMUAN KE 9
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Perpustakaan
sebagai pusat sumber belajar (SB)
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV memiliki wawasan luas tentang perpustakaan sebagai
pusat sumber belajar (SB).
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu menjelaskan
pengertian pengertian perpustakaan sebagai sebagai pusat sumber belajar dan
tujuannya, menganalisa fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan, dan menganalisis perpustakaan sebagai pusat
sumber belajar belajar dan pusat informasi dan inovasi.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Pengertian perpustakaan sebagai sebagai pusat sumber
belajar dan tujuannya
2.
Fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan
3.
Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar belajar dan
pusat informasi dan inovasi
E.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab,
kunjungan
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Memberikan penugasan kepada mahasiswa untuk mengidentifikasi
tentang perpustakaan sebagai pusat sumber belajar.
PERTEMUAN KE 10
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Lingkungan
sebagai media pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV memahami konsep dasar tentang lingkungan sebagai media
pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu memahami konsep dasar tentang: lingkungan sebagai
media pembelajaran, menjelaskan pengertian lingkungan sebagai media
pembelajaran dan tujuannya, menjelaskan keutungan dan kelemahan lingkungan
sebagai media pembelajaran, dan menjelaskan jenis dan teknik menggunakan
lingkungan.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran dan
tujuannya
2.
Keutungan dan kelemahan lingkungan sebagai media
pembelajaran
3.
Jenis lingkungan sebagai media pembelajaran
4.
Teknik menggunakan lingkungan sebagai media
pembelajaran
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Menelaah berbagai buku referensi/sumber belajar yang
berkaitan dengan lingkungan, kemudian menganalisa untuk memperoleh pengetahuan
tentang media pembelajaran.
PERTEMUAN KE 11
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Memanfaatkan,
menggunakan dan membuat media sederhana dari kertas, karton, papan, dan bahan
lain yang bermanfaat bagi proses pembelajaran.
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
Prodi PGMI semester IV memiliki kemampuan memanfaatkan, menggunakan dan
membuat media sederhana dari kertas, karton, papan, dan bahan lain yang
bermanfaat bagi proses pembelajaran.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu menggunakan media sederhana sebagai penunjang
pembelajaran, membuat/merancang media sederhana dari kertas, kartun dll., cara
praktis menggunakan media sederhana, cara pemeliharaan media sederhana, dan mendemonstrasikan
berbagai media sederhana dan membuat media sederhana.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Menggunakan media sederhana sebagai penunjang
pembelajaran
2.
Membuat/merancang media sederhana dari kertas, kartun
dll.
3.
Cara praktis menggunakan media sederhana
4.
Cara pemeliharaan media sederhana
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab,
demonstrasi
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Mendemonstrasikan
berbagai media sederhana dan membuat media sederhana.
PERTEMUAN KE 12
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Memanfaatkan,
menggunakan dan membuat media berbasis IT yang bermanfaat bagi proses
pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV memiliki kemampuan memanfaatkan, menggunakan dan
membuat media berbasis IT yang bermanfaat bagi proses pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu menerapkan jenis IT dan media serta PSB (Pusat Sumber
Belajar) ke dalam proses pembelajaran sesuai dengan pokok dan sub pokok bahasan
aplikasi IT dan media pada mata pelajaran:
Akidah Akhlak, Al-Quran Hadis, Fiqh dan SKI, dan Bahasa Arab.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
Menerapkan jenis IT dan media serta PSB (Pusat Sumber
Belajar) ke dalam proses pembelajaran sesuai dengan pokok dan sub pokok bahasan
Aplikasi IT dan Media pada mata pelajaran: Akidah Akhlak, Al-Quran Hadis, Fiqh,
SKI, dan Bahasa Arab.
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah, Tanya jawab, praktek ICT
-
Tugas : makalah, penyajian dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
2.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
3.
Penugasan
Mempraktikkan
media dan IT untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa
PERTEMUAN KE 13
A.
POKOK, SUB
POKOK BAHASAN
Konsep Dasar Evaluasi
Teknologi dan Media pembelajaran
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi
PGMI semester IV memahami konsep dasar evaluasi teknologi dan media
pembelajaran.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi
PGMI semester IV mampu menjelaskan
ciri-ciri efektif teknologi dan media pembelajaran, menjelaskan criteria
mengevaluasi (mereviu) media pembelajaran dari kualitas isi dan tujuan,
kualitas instruksional, dan kualitas teknis, mengkritisi ciri efektif teknologi
dan media pembelajaran, dan menganalisis kriteria evaluasi teknologi dan media
pembelajaran: a. batasan ciri-ciri efektif media dan teknologi
b. kriteria evaluasi media pembelajaran.
b. kriteria evaluasi media pembelajaran.
D.
URAIAN
MATERI PERKULIAHAN
1.
Batasan ciri-ciri efektif media dan teknologi
2.
Kriteria evaluasi media pembelajaran
E.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
4.
Ekspositori
dan inkuiri
-
Metode : Ceramah
-
Tugas : makalah, penyajian
dan diskusi
-
Media : LCD / Power point
5.
Evaluasi
-
Kehadiran
-
Makalah
Kelompok
-
Penyajian
diskusi
6.
Penugasan
Menelaah berbagai buku referensi/sumber belajar yang
berkaitan dengan evaluasi media pembelajaran.
Pertemuan ke
14
Ujian Akhir
Semester
Mengumpulkan tugas berupa produk media
pembelajaran untuk mata pelajaran Aqidah Quran Hadits VII Madrasah Tsanawiyah.
BUKU
SUMBER/REFERENSI
1. Pemilihan Media
dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran; Prof. Dr.
Setijadi
2. Media
Pembelajaran Prof. Dr. H. Asnawir
3. Media
Pembelajaran DR Nana Sujana Drs. Ahmad Rivai
4. Teknologi
Komunikasi Pendidikan, Yusuf Hadimiargo
5. Perencanaan
Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Dr.
Oemar Hamalik, Bumi Aksara, Jakarta, 2003.
6. Perencanaan
Pengajaran, Drs. Harjanto,Rineka Cipta, Jakarta
7. Menjadi Guru Professional, Drs. Moh. Uzer
Usman, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2001.
8. Strategi
Belajar Mengajar, Drs. Muhaimin,MA. ,dkk. Citra Media, Surabaya, 1996.
9. Metodik Khusus
Pengajaran Agama Islam, Dr. Zakiyah Daradjat, dkk, Bumi Aksara Jakarta, 2004.
10.
Nana, Sujana, Teknologi Pengajaran, Bandung,
Sinar Baru, 1989.
11.
Sudarwan Danim, Media Komunikasi Pendidikan,
Jakarta, Bumi Aksara, 1994.
12.
Ahmad Rohani, Media Instruksional Edukatif,
Jakarta, Rineka Cipta,1997.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar