Kamis, 28 Mei 2015

SAP Media Pembelajaran PGMI




SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)








Mata Kuliah
MEDIA PEMBELAJARAN




Dosen Pengampu:
Muhsin, S.Pd.I, M.Si



PROGRAM STUDI PGMI
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
BANDUNG
2014

PERTEMUAN KE 1

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Membahas silabus perkuliahan

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV dapat memahami tentang silabus perkuliahan dan mengakomodasi masukan dari mahasiswa tentang berbagai hal untuk memperlancar proses perkuliahan serta mengetahui dan memahami berbagai hal tentang media pembelajaran PGMI untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu beradaptasi dengan perkuliahan dalam mata kuliah media pembelajaran, dapat memahami silabinya, aturan main dalam mengikuti perkuliahan dan sistem evaluasinya.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.       Deskripsi mata kuliah media pembelajaran
2.       Ruang lingkup
3.       Kebijakan pelaksanaan perkuliahan
4.       Kebijakan penilaian hasil  belajar
5.       Tugas

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                    : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                   : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
-         UTS
-         UAS
-         Produk media pembelajaran
3.       Penugasan
Menelusuri dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.

PERTEMUAN KE 2

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Kompetensi dasar tentang media pembelajaran  

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV dapat memahami tentang kompetensi dasar tentang media pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memahami pengertian, tujuan, fungsi dan kegunaan, serta sejarah perkembangan media pembelajaran.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.       Pengertian media pembelajaran
2.       Tujuan media pembelajaran
3.       Fungsi dan kegunaan media pembelajaran
4.       Sejarah perkembangan media pembelajaran

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Menelusuri dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.

PERTEMUAN KE 3

A.    POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Kompetensi dasar tentang media pembelajaran

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV dapat memahami tentang kompetensi dasar tentang media pembelajaran.


C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memahami latar belakang penggunaan, dasar/landasan penggunaan dan urgensi media pembelajaran.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.       Latar belakang penggunaan media pembelajaran
2.       Dasar / landasan penggunaan media pembelajaran
3.       Urgensi media pembelajaran

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Menelusuri dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.


PERTEMUAN KE 4

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Jenis-jenis karakteristik media pembelajaran

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV Memiliki wawasan luas tentang jenis-jenis karakteristik media pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memahami klasifikasi media pembelajaran, dan macam-macam media pembelajaran.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.       Klasifikasi media pembelajaran
2.       Macam-macam media pembelajaran
3.       Karakteristik media pembelajaran
4.       Kelemahan dan kelebihan media pembelajaran
E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Menelusuri dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.


PERTEMUAN KE 5

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Ketepatan memilih media dalam pembelajaran

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memilih media dalam pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memahami: prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran, dasar pertimbangan dan kriteria pemilihan media, syarat-sarat media pembelajaran, dan kriteria pemilihan media pembelajaran menggali beberapa informasi tentang pemilihan media dengan mengkaji beberapa literatur.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.      Prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran
2.      Dasar pertimbangan dan kriteria pemilihan media
3.      Syarat-sarat media pembelajaran
4.      Kriteria pemilihan media pembelajaran; menggali beberapa informasi tentang pemilihan media dengan mengkaji beberapa literatur.

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.    Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point

2.    Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.    Penugasan
Menelusuri dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.


PERTEMUAN KE 6

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memahami konsep umum sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu  mengklasifikasi macam-macam sumber belajar, dan menjelaskan fungsi / peranan sumber belajar.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.      Klasifikasi macam-macam sumber belajar
2.      Fungsi /peranan sumber belajar

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Menelusuri dan mempelajari buku-buku yang digunakan sebagai sumber rujukan, terutama sub judul yang berkaitan dengan pokok bahasan di atas.




PERTEMUAN KE 7

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memahami konsep umum sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu mengkritisi kriteria pemilihan sumber belajar meliputi:  a. Defenisi sumber belajar, b. Klasifikasi  sumber belajar, c. Komponen  sumber  belajar, d. Fungsi dan peranan sumber belajar, dan e. Kriteria pemilihan sumber belajar  

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
Kriteria pemilihan sumber belajar
1.    Defenisi sumber belajar
2.     Klasifikasi sumber belajar
3.     Komponen sumber belajar
4.     Fungsi dan peranan sumber belajar
5.     Kriteria pemilihan sumber belajar

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.    Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.    Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.    Penugasan
Mendiskusikan beberapa sumber belajar, dari pengalaman dan informasi.


Pertemuan ke 8
Ujian Tengah Semester  



PERTEMUAN KE 9

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar (SB)

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV memiliki wawasan luas tentang perpustakaan sebagai pusat sumber belajar (SB).

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu  menjelaskan pengertian pengertian perpustakaan sebagai sebagai pusat sumber belajar dan tujuannya, menganalisa fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan,  dan menganalisis perpustakaan sebagai pusat sumber belajar belajar dan pusat informasi dan inovasi.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.       Pengertian perpustakaan sebagai sebagai pusat sumber belajar dan tujuannya
2.       Fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan
3.       Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar belajar dan pusat informasi dan inovasi

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab, kunjungan
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Memberikan penugasan kepada mahasiswa untuk mengidentifikasi tentang perpustakaan sebagai pusat sumber belajar.


PERTEMUAN KE 10

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Lingkungan sebagai media pembelajaran


B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV memahami konsep dasar tentang lingkungan sebagai media pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu memahami konsep dasar tentang: lingkungan sebagai media pembelajaran, menjelaskan pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran dan tujuannya, menjelaskan keutungan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran, dan menjelaskan jenis dan teknik menggunakan lingkungan.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.      Pengertian lingkungan sebagai media pembelajaran dan tujuannya
2.      Keutungan dan kelemahan lingkungan sebagai media pembelajaran
3.      Jenis lingkungan sebagai media pembelajaran
4.      Teknik menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Menelaah berbagai buku referensi/sumber belajar yang berkaitan dengan lingkungan, kemudian menganalisa untuk memperoleh pengetahuan tentang media pembelajaran.


PERTEMUAN KE 11

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Memanfaatkan, menggunakan dan membuat media sederhana dari kertas, karton, papan, dan bahan lain yang bermanfaat bagi proses pembelajaran.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi Prodi PGMI semester IV memiliki kemampuan memanfaatkan, menggunakan dan membuat media sederhana dari kertas, karton, papan, dan bahan lain yang bermanfaat bagi proses pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu menggunakan media sederhana sebagai penunjang pembelajaran, membuat/merancang media sederhana dari kertas, kartun dll., cara praktis menggunakan media sederhana, cara pemeliharaan media sederhana, dan mendemonstrasikan berbagai media sederhana dan membuat media sederhana.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.      Menggunakan media sederhana sebagai penunjang pembelajaran
2.      Membuat/merancang media sederhana dari kertas, kartun dll.
3.      Cara praktis menggunakan media sederhana
4.      Cara pemeliharaan media sederhana

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah, Tanya jawab, demonstrasi
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Mendemonstrasikan berbagai media sederhana dan membuat media sederhana.


PERTEMUAN KE 12

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Memanfaatkan, menggunakan dan membuat media berbasis IT yang bermanfaat bagi proses pembelajaran

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV memiliki kemampuan memanfaatkan, menggunakan dan membuat media berbasis IT yang bermanfaat bagi proses pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu  menerapkan jenis IT dan media serta PSB (Pusat Sumber Belajar) ke dalam proses pembelajaran sesuai dengan pokok dan sub pokok bahasan aplikasi IT dan media pada mata pelajaran:  Akidah Akhlak, Al-Quran Hadis, Fiqh dan SKI, dan Bahasa Arab.

D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
Menerapkan jenis IT dan media serta PSB (Pusat Sumber Belajar) ke dalam proses pembelajaran sesuai dengan pokok dan sub pokok bahasan Aplikasi IT dan Media pada mata pelajaran: Akidah Akhlak, Al-Quran Hadis, Fiqh, SKI, dan Bahasa Arab.

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode        : Ceramah, Tanya jawab, praktek ICT
-         Tugas            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media           : LCD / Power point
2.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
3.       Penugasan
Mempraktikkan media dan IT untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa



PERTEMUAN KE 13

A.     POKOK, SUB POKOK BAHASAN
Konsep Dasar Evaluasi Teknologi dan Media pembelajaran

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa Prodi PGMI semester IV memahami konsep dasar evaluasi teknologi dan media pembelajaran.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa Prodi PGMI semester IV mampu  menjelaskan ciri-ciri efektif teknologi dan media pembelajaran, menjelaskan criteria mengevaluasi (mereviu) media pembelajaran dari kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknis, mengkritisi ciri efektif teknologi dan media pembelajaran, dan menganalisis kriteria evaluasi teknologi dan media pembelajaran: a. batasan ciri-ciri efektif media dan teknologi
b. kriteria evaluasi media pembelajaran
.



D.     URAIAN MATERI PERKULIAHAN
1.     Batasan ciri-ciri efektif media dan teknologi
2.     Kriteria evaluasi media pembelajaran

E.      PENDEKATAN PEMBELAJARAN
4.       Ekspositori dan inkuiri
-         Metode                        : Ceramah
-         Tugas                            : makalah, penyajian dan diskusi
-         Media                           : LCD / Power point
5.       Evaluasi
-         Kehadiran
-         Makalah Kelompok
-         Penyajian diskusi
6.       Penugasan
Menelaah berbagai buku referensi/sumber belajar yang berkaitan dengan evaluasi media pembelajaran.


Pertemuan ke 14
Ujian Akhir Semester
Mengumpulkan tugas berupa produk media pembelajaran untuk mata pelajaran Aqidah Quran Hadits VII Madrasah Tsanawiyah.



BUKU SUMBER/REFERENSI

1.    Pemilihan Media dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran; Prof. Dr. Setijadi
2.    Media Pembelajaran Prof. Dr. H. Asnawir
3.    Media Pembelajaran DR Nana Sujana Drs. Ahmad Rivai
4.    Teknologi Komunikasi Pendidikan, Yusuf Hadimiargo
5.    Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Prof. Dr. Oemar Hamalik, Bumi Aksara, Jakarta, 2003.
6.    Perencanaan Pengajaran, Drs. Harjanto,Rineka Cipta, Jakarta
7.    Menjadi Guru Professional, Drs. Moh. Uzer Usman, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2001.
8.    Strategi Belajar Mengajar, Drs. Muhaimin,MA. ,dkk. Citra Media, Surabaya, 1996.
9.    Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Dr. Zakiyah Daradjat, dkk, Bumi Aksara Jakarta, 2004.
10.              Nana, Sujana, Teknologi Pengajaran, Bandung, Sinar Baru, 1989.
11.              Sudarwan Danim, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 1994.
12.              Ahmad Rohani, Media Instruksional Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta,1997.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONTRIBUSI PEMIKIRAN HUKUM NAHDLATUL ULAMA

Lembaga Bahtsul Masail ialah sebuah Lembaga yang berfungsi sebagai forum diskusi antara para ulama serta kaum intelektual guna membahas pe...